Minggu, 18 Oktober 2015

TUGAS 1 OPEN GL



 NAMA   :NURJANAH
 NPM       :16113684
KELAS    :3KA36

OPEN GL

OpenGL adalah sebuah program aplikasi interface yang digunakan untuk mendefinisikan komputer grafis 2D dan 3D. Program lintas-platform API ini umumnya dianggap ketetapan standar dalam industri komputer dalam interaksi dengan komputer grafis 2D dan juga telah menjadi alat yang biasa untuk digunakan dengan grafis 3D. Singkatnya, Open Graphics Library, OpenGL menghilangkan kebutuhan untuk pemrogram untuk menulis ulang bagian grafis dari sistem operasi setiap kali sebuah bisnis akan diupgrade ke versi baru dari sistem.
Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis.
Membuat perintah dalam OpenGL dapat terjadi dalam dua cara yang berbeda. Pertama, adalah mungkin bagi programmer untuk membuat dan menyimpan daftar perintah yang dapat dieksekusi secara berulang. Ini adalah salah satu cara yang lebih rutin untuk program interface yang digunakan. Seiring dengan berkembangnya kelompok perintah yang kurang lebih permanen, maka memungkinkan untuk membuat dan menjalankan salah satu perintah dalam batas-batas waktu dari komputer grafis.
Seiring dengan kemampuan interface dari sistem operasi, OpenGL juga menyediakan beberapa built-in protokol yang mungkin berguna bagi pengguna akhir. Di antaranya fitur alat seperti alpha blending, pemetaan tekstur, dan efek atmosfer. Alat ini dapat berinteraksi dengan sistem operasi yang sedang digunakan.
Awalnya dikembangkan oleh Silicon Graphics, OpenGL kini dianggap standar industri. Interface program aplikasi yang aktif didukung oleh Microsoft ini, menawarkan download gratis daftar OpenGL untuk digunakan pada sistem Windows. OpenGL juga bekerja sangat baik dengan Inventor Open, sebuah pemrograman berorientasi obyek alat juga diciptakan oleh Silicon Graphics.






Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat program garis vertical,diagonal, dan horizontal dengan menggunkan Open GL, yang akan saya pakai kali ini dengan menggunakan Dev- C++ dan Glut37.zip.
Jangan Lupa yahhhhh di install duluuuuuu ya….setelah semuanya telah diinstall. mari kita mulai !!!!


Buka App Dev-C++, kemudian klik File -> New -> Project , dimana kita akan memulai project baru
 



  

  Kemudia akan muncul jendela seperti dibawah ini , klik multimedia akan muncul berbagai pilihan ,kemudian pilih open GL , lalu pada bagian bawah jendela jangan lupa klik C++ project, karena untuk kesempatan ini saya akan mencoba membuat program memakai OPEN GL dengan C++,  jangan lupa memberikan nama file nya ya, kemudian klik OK

                                                                                                







Kemudian save file nya dimana saja terserah keinginan kita, klik Save.





                                                                                                                                                          
      

 Setelah itu akan muncul layar seperti dibawah ini .
Gambar di bawah ini adalah codingan untuk garis vertical . diatas codingan yang telah dibuat ada codingan yang berwarna biru itu adalah codingan yang sudah ada tanpa harus kita tulis kembali.



          
Penjelasannya :

-          Buka dan tutup kurung kurawa yang selalu di gunakan pada C++ yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri sebuah program.
-          glClearColor (0.0f, 0.0f,0.0f); -> yang berfungsi untuk memilih warna untuk mengosongkan latar dengan mode RGBA
-          glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  ->yang berfungsi untuk mengosongkan layar/membersihkan layar sebelumnya
-          glPushMatrix();  -> berfungsi untuk bariskode tidak terpakai di bagian luar
-          glClearColor(1,1, 1, 0);  -> berfungsi untuk membuat warna pada garis dan titik
-          glBegin(GL_LINES);  -> untuk memulai menggambar garis dan titik yang akan kita gunakan
-          glVertex3f(0. 10, 10.0, 13. 13);  -> berfungsi untuk ditentukannya titik awal
-          glVertex3f(0, 0, 0. 0);  -> berfungsi untuk ditentukannya titik akhirnya
-          glEnd ();   -> berfungsi untuk mengakhirigambar dan garis yang kita gunakan
-          glPopMatrix ();   -> berfungsi untuk membuat  baris kode tidak terpakai di bagian atas
-          SwapBuffers (hDC);  -> berfungsi untuk merubah bagian paling belakang buffer ke depan layar.

Untuk merunning tekan F9, kemudian computer akan meminta untuk di simpan terlebih dahulu, setelah diberikan nama kemudian running lagi dengan menekan tombol f9 dan hasil outputnya seperti digambar di bawah.










Gambar di bawah ini adalah codingan untuk garis Horizontal





            

Penjelasannya :

-          Buka dan tutup kurung kurawa yang selalu di gunakan pada C++ yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri sebuah program.
-          glClearColor (0.0f, 0.0f,0.0f); -> yang berfungsi untuk memilih warna untuk mengosongkan latar dengan mode RGBA
-          glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  ->yang berfungsi untuk mengosongkan layar/membersihkan layar sebelumnya
-          glPushMatrix();  -> berfungsi untuk bariskode tidak terpakai di bagian luar
-          glClearColor(1,1, 1, 0);  -> berfungsi untuk membuat warna pada garis dan titik
-          glColor3f(1,1,1);  -> menentukan warna garis dan titik
-          glBegin(GL_LINES);  -> untuk memulai menggambar garis dan titik yang akan kita gunakan
-          glVertex3f(-0. 6f, 0.0f,0.0f);  -> berfungsi untuk ditentukannya titik awal
-          glVertex3f(0,6f,0.0f, 0.0f);  -> berfungsi untuk ditentukannya titik akhirnya
-          glEnd ();   -> berfungsi untuk mengakhirigambar dan garis yang kita gunakan
-          glPopMatrix ();   -> berfungsi untuk membuat  baris kode tidak terpakai di bagian atas
-          SwapBuffers (hDC);  -> berfungsi untuk merubah bagian paling belakang buffer ke depan layar.


Untuk merunning tekan F9, dan hasil outputnya seperti digambar di bawah.


                    






1.        Gambar di bawah ini adalah codingan untuk garis Diagonal
                                                                                                                                 

 

             

Penjelasannya :
-          Buka dan tutup kurung kurawa yang selalu di gunakan pada C++ yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri sebuah program.
-          glClearColor (0.0f, 0.0f,0.0f); -> yang berfungsi untuk memilih warna untuk mengosongkan latar dengan mode RGBA
-          glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  ->yang berfungsi untuk mengosongkan layar/membersihkan layar sebelumnya
-          glPushMatrix();  -> berfungsi untuk bariskode tidak terpakai di bagian luar
-          glColor3f(1,1,1);  -> untuk menentukan warna garis
-          glClearColor(1,1, 1, 0);  -> berfungsi untuk membuat warna pada garis dan titik
-          glBegin(GL_LINES);  -> untuk memulai menggambar garis dan titik yang akan kita gunakan
-          glVertex3f(0, 0, -0.8);  -> berfungsi untuk ditentukannya titik awal
-          glVertex3f(9.9, 8.9, 0.1);  -> berfungsi untuk ditentukannya titik akhirnya
-          glEnd ();   -> berfungsi untuk mengakhirigambar dan garis yang kita gunakan
-          glPopMatrix ();   -> berfungsi untuk membuat  baris kode tidak terpakai di bagian atas
-          SwapBuffers (hDC);  -> berfungsi untuk merubah bagian paling belakang buffer ke depan layar

Untuk merunning tekan F11, dan hasil outputnya seperti digambar di bawah.







^SEKIAN^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar