NAMA
:NURJANAH
NPM
:16113684
KELAS
:3KA36
OPEN GL
Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis.
Membuat perintah dalam OpenGL dapat terjadi dalam dua cara yang berbeda. Pertama, adalah mungkin bagi programmer untuk membuat dan menyimpan daftar perintah yang dapat dieksekusi secara berulang. Ini adalah salah satu cara yang lebih rutin untuk program interface yang digunakan. Seiring dengan berkembangnya kelompok perintah yang kurang lebih permanen, maka memungkinkan untuk membuat dan menjalankan salah satu perintah dalam batas-batas waktu dari komputer grafis.
Seiring dengan kemampuan interface dari sistem operasi, OpenGL juga menyediakan beberapa built-in protokol yang mungkin berguna bagi pengguna akhir. Di antaranya fitur alat seperti alpha blending, pemetaan tekstur, dan efek atmosfer. Alat ini dapat berinteraksi dengan sistem operasi yang sedang digunakan.
Awalnya dikembangkan oleh Silicon Graphics, OpenGL kini dianggap standar industri. Interface program aplikasi yang aktif didukung oleh Microsoft ini, menawarkan download gratis daftar OpenGL untuk digunakan pada sistem Windows. OpenGL juga bekerja sangat baik dengan Inventor Open, sebuah pemrograman berorientasi obyek alat juga diciptakan oleh Silicon Graphics.
Pada kesempatan kali ini
saya akan menjelaskan cara membuat program garis vertical,diagonal, dan
horizontal dengan menggunkan Open GL, yang akan saya pakai kali ini dengan
menggunakan Dev- C++ dan Glut37.zip.
Jangan Lupa
yahhhhh di install duluuuuuu ya….setelah semuanya telah diinstall. mari kita
mulai !!!!
Buka
App Dev-C++, kemudian klik File -> New -> Project , dimana kita akan
memulai project baru
Kemudia
akan muncul jendela seperti dibawah ini , klik multimedia akan muncul berbagai
pilihan ,kemudian pilih open GL , lalu pada bagian bawah jendela jangan lupa
klik C++ project, karena untuk kesempatan ini saya akan mencoba membuat program
memakai OPEN GL dengan C++, jangan lupa
memberikan nama file nya ya, kemudian klik OK
Kemudian save file nya dimana saja
terserah keinginan kita, klik Save.
Setelah itu akan muncul layar
seperti dibawah ini .
Gambar
di bawah ini adalah codingan untuk garis vertical . diatas codingan yang telah
dibuat ada codingan yang berwarna biru itu adalah codingan yang sudah ada tanpa
harus kita tulis kembali.
Penjelasannya
:
-
Buka dan tutup kurung kurawa yang
selalu di gunakan pada C++ yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri sebuah
program.
-
glClearColor (0.0f, 0.0f,0.0f);
-> yang berfungsi untuk memilih warna untuk mengosongkan latar dengan mode
RGBA
-
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); ->yang
berfungsi untuk mengosongkan layar/membersihkan layar sebelumnya
-
glPushMatrix(); -> berfungsi untuk bariskode tidak
terpakai di bagian luar
-
glClearColor(1,1, 1, 0); -> berfungsi untuk membuat warna pada
garis dan titik
-
glBegin(GL_LINES); -> untuk memulai menggambar garis dan
titik yang akan kita gunakan
-
glVertex3f(0. 10, 10.0, 13.
13); -> berfungsi untuk ditentukannya
titik awal
-
glVertex3f(0, 0, 0. 0); -> berfungsi untuk ditentukannya titik
akhirnya
-
glEnd (); -> berfungsi untuk mengakhirigambar dan
garis yang kita gunakan
-
glPopMatrix (); -> berfungsi untuk membuat baris kode tidak terpakai di bagian atas
-
SwapBuffers (hDC); -> berfungsi untuk merubah bagian paling
belakang buffer ke depan layar.
Untuk merunning tekan F9, kemudian
computer akan meminta untuk di simpan terlebih dahulu, setelah diberikan nama
kemudian running lagi dengan menekan tombol f9 dan hasil outputnya seperti
digambar di bawah.
Penjelasannya
:
-
Buka dan tutup kurung kurawa yang
selalu di gunakan pada C++ yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri sebuah
program.
-
glClearColor (0.0f, 0.0f,0.0f);
-> yang berfungsi untuk memilih warna untuk mengosongkan latar dengan mode
RGBA
-
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); ->yang
berfungsi untuk mengosongkan layar/membersihkan layar sebelumnya
-
glPushMatrix(); -> berfungsi untuk bariskode tidak terpakai
di bagian luar
-
glClearColor(1,1, 1, 0); -> berfungsi untuk membuat warna pada
garis dan titik
-
glColor3f(1,1,1); -> menentukan warna garis dan titik
-
glBegin(GL_LINES); -> untuk memulai menggambar garis dan
titik yang akan kita gunakan
-
glVertex3f(-0. 6f,
0.0f,0.0f); -> berfungsi untuk
ditentukannya titik awal
-
glVertex3f(0,6f,0.0f, 0.0f); -> berfungsi untuk ditentukannya titik
akhirnya
-
glEnd (); -> berfungsi untuk mengakhirigambar dan
garis yang kita gunakan
-
glPopMatrix (); -> berfungsi untuk membuat baris kode tidak terpakai di bagian atas
-
SwapBuffers (hDC); -> berfungsi untuk merubah bagian paling
belakang buffer ke depan layar.
Untuk merunning tekan F9, dan
hasil outputnya seperti digambar di bawah.
1.
Gambar di bawah ini adalah
codingan untuk garis Diagonal
Penjelasannya
:
-
Buka dan tutup kurung kurawa yang
selalu di gunakan pada C++ yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri sebuah
program.
-
glClearColor (0.0f, 0.0f,0.0f);
-> yang berfungsi untuk memilih warna untuk mengosongkan latar dengan mode
RGBA
-
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); ->yang
berfungsi untuk mengosongkan layar/membersihkan layar sebelumnya
-
glPushMatrix(); -> berfungsi untuk bariskode tidak
terpakai di bagian luar
-
glColor3f(1,1,1); -> untuk menentukan warna garis
-
glClearColor(1,1, 1, 0); -> berfungsi untuk membuat warna pada
garis dan titik
-
glBegin(GL_LINES); -> untuk memulai menggambar garis dan
titik yang akan kita gunakan
-
glVertex3f(0, 0, -0.8); -> berfungsi untuk ditentukannya titik
awal
-
glVertex3f(9.9, 8.9, 0.1); -> berfungsi untuk ditentukannya titik
akhirnya
-
glEnd (); -> berfungsi untuk mengakhirigambar dan
garis yang kita gunakan
-
glPopMatrix (); -> berfungsi untuk membuat baris kode tidak terpakai di bagian atas
-
SwapBuffers (hDC); -> berfungsi untuk merubah bagian paling
belakang buffer ke depan layar
Untuk merunning tekan F11, dan
hasil outputnya seperti digambar di bawah.
^SEKIAN^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar